Manajemen Layanan Sistem Informasi
Pengertian
Sekarang kita bicara apa pengertia Manajemen Layanan Sistem Informasi dari kata layanan sudah pasti untuk melayani dalam artian resmi Manajemen Sistem Informasi adalah Manajemen yang melakukan atau mengerjakan pelayanan suatu system di dalam suatu organisasi atau sekumpulan yang mempertemukan dengan keperluan pengolah transaksi harian, mendukung sebuah operasi, bersifat manajerial dan kegiatan pelaksanaan strategi dari suatu organisasi atau sekumpulan dan menyediakan pihak luar tertentu dengan sebuah laporan yang di perlukan.
Manajemen Layanan sistem informasi juga dapat diartikan sebagai suatu mode pengolahan system teknologi informasi yang jika dilihat secara filosofis akan terlihat terpusat pada prespektif konsumen layanan TI terhadap suatu bisnis perusahaan. Manajemen Layanan Sistem Informasi merupakan kebalikannya dari pendeketan manajemen TI dan interaksi suatu bisnis terpusat pada teknologi. Istilah dari Manajemen Layanan Sistem informasi tidaklah berasal dari suatu organisasi, pengarang , atau bahkan pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa ini pun tidak jelas kapan akan di mulainya.
Manfaat Manajemen Layanan Sistemn Informasi
Lingkungan sekitar
Manfaat manajemen layanan sistem informasi adalah untuk membuat inovasi
atau terobosan-terobosan dalam dunia bisnis. Hal ini berguna untuk
menarik konsumen maupun mempertahankan yang ada, karena lambat laun
persaingan akan semakin ketat.
Manajemen layanan sistem informasi juga bermanfaat dalam pengambilan
keputusan untuk perusahaan dalam langkah kedepannya. Serta untuk
memperoleh informasi yang ada sangkut pautnya dengan kondisi perusahaan
ataupun yang diperlukan.
Selain itu, manajemen layanan sistem informasi juga berfungsi agar
efisiensi kinerja dari sebuah perusahaan bertambah. Dengan bertambahnya
efisiensi kinerja perusahaan, hasil kerja akan lebih efektif dan
strategi keunggulanbiaya dapat terlaksana.
Serta layanan sistem informasi lebih tertata, karena semuanya tersusun atau terstruktur secara rapi dan jelas
Peranan manajemen layanan sistem informasi bagi lingkungan sekitar ialah sebagai berikut :
1. Mendukung Operasional Bisnis.
Manajemen layanan sistem informasi menyediakan dukungan dalam
operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan
pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan sehari-hari.
2. Mendukung Keunggulan Strategis.
Sistem informasi yang dirancang sedemikian rupa dapat membantu mencapai
sasaran mencapai sasaran yang dapat membantu bersaing dengan
perusahan-perusahaan lainnya.
3. Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan
Untuk mengetahui selera konsumen serta peluang pasar.
4. Meningkatkan Aksebilitas Data
Data dapat diakses secara cepat dan on-time dan akurat bagi pemakainya.
5. Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara Global dan Menyeluruh
Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global serta melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar.
6. Meningkatkan Efisiensi Kerja
Layanan sistem informasi berguna untuk mengolah berbagai macam
transaksi, menekan biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu
produk atau pelayanan mereka.
7. Meningkatkan Daya Saing Bisnis
Dengan semakin meningkatnya persaingan, manajemen layanan sistem
informasi membantu sebuah perusahaan untuk bersaing di pasar bebas
karena manfaatnya bagi perusahaan itu sendiri.
ttp://bdkpadang.kemenag.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=508:peranan-sistem-informasi-manajemen-sim-dalam-organisasi&catid=41:top-headlines
Tidak ada komentar:
Posting Komentar